-->

Type something and hit enter

By On
Linux memang menyenangkan banyak varian dan banyak pula pilihan. Kemarin, demi ingin merasakan Kubuntu LTS yang menggunakan KDE 4.13 versi desktop paling anyar yang dimiliki KDE membuat saya bertekad untuk menjajalnya.

Beberapa hal yang membuat saya terkesan dan harus mengakui kejantanan yang dimiliki oleh Kubuntu 14.04 ini.

1. Baru menggunakan versi Live, Kubuntu masih saja gesit gerak sana dan sini, luar biasa. Teringat ketika saya menggunakan OpenSUSE versi live minta ampun leletnya, sampai sekarang saya nggak ngerti apa sebab lelet itu. Tapi perbandingan antara Kubuntu 14.04 dengan OpenSUSE 13.1 dalam hal kegesitan 9-2


2. Perubahan suasana, ada beberapa hal yang menciptakan kondisi ini apalagi saya biasa menggunakan OpenSUSE 13.1 tentunya suasananya jauh berbeda.

  • Network-Manager, network manager yang tersemat pada Kubuntu ini cantik sekali dan begitu profesional, lebih-lebih saat menghubungkan modem, signal bar juga terbaca dengan baik. Pada edsi sebelum-belumnya mungkin belum ada network manager keren ini.



Modem Huawei pun sudah dikenali tipenya, biasanya hanya dideteksi sebagai modem Huawei saja.


  • KDE Telepaty Instant Messaging, akhirnya muncul juga IM yang lebih baik dari Kopete lebih terintrigasi dan nyaman dari Kopete. Suasana semakin mengharu biru.
Suasana chat menggunakan KDE Telepaty lebih nyaman dari pada menggunakan Kopete, asiknya nyata.
  • Tak ada hang, lag. dan not responding. Walau baru pagi tadi saya nyoba, sampai saat ini belum ada maslaah laptop hang yang menyebabkan terpaksa harus restart paksa. Pada OpenSUSE 13.1 saya mengalami ini, barang kali sepesifikasi laptop yang kurang memadai.
3. Tool konfigurasi semakin lengkap. Di Kubuntu memang tidak ada tool se keren YaST di OpenSUSE, meski begitu tim developer terus memperbaiki kekurangan dan menambal ketidak sempurnaan. Diantaranya ialah berusaha melengkapi alat-alat untuk mengkonfigurasi desktop agar semakin customizable dan flexible.

4. Aakhirnya dengan desktop yang gesit dan stabil ini membuat saya merencanakan menjadikan Kubuntu sebagai sistem operasi bagi laptop ini selama mungkin.

Click to comment